Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Telusuk Sapi Segala Ukuran

Tokosutar.com - Sapi merupakan hewan ternak sebagai sahabat dari petani yang dulu dipakai untuk membajak sawah, oleh sebab itu sapi harus jinak dan bisa di kendalikan. Namun seiring perkembangan teknologi, peran sapi digantikan oleh Traktor untuk membajak sawah. Namun meskipun demikian, sapi tetap harus jinak. Supaya jinak maka salah satu caranya adalah sapi harus dipasang Telusuk / Tali Keluh (jawa). 

Jual Telusuk Sapi Segala Ukuran

Telusuk merupakan tali yang dipasangkan pada hidung sapi /kerbau supaya mudah dikendalikan oleh pemilik sapi. Dengan dipasang Telusuk pada Hidung sapi maka sapi akan jadi lebih jinak. Makanya ada pepatah seperti kerbau yang dicucuk hidungnya yang artinya selalu menurut dan tidak berani melawan.

Pada umunya tali telusuk ini dibuat khusus oleh orang yang bisa membuatnya, pada umumnya telusuk bahannya terbuat dari bambu. Namun seiring perkembangan zaman saat ini telusuk terbuat dari ulatan plastik / seperti bahan pembuat karung plastik (kampil / kaping).

Namun secara bentuk dan kualitas masih sama seperti telusuk yang terbuat dari bambu, namun warna / tampilannya saja yang beda dan pastinya kurang ramah lingkungan telusuk yang terbuat dari plastik.

Kenapa bahannya beralih dari Bambu ke plastik? Mungkin karena bahan dari plastik lebih mudah diolah dan didapatkan daripada bahan dari bambu.

Untuk ukuran telusuk ini juga beda-beda, untuk sapi / anak sapi (Godel) yang baru pertama kali (nyumundana) di telusuk, pastinya memakai ukuran telusuk yang paling kecil, nah berikut ini ada beberapa ukuran telusuk yang dipakai pada umunya di Bali biasanya ada empat ukuran Telusuk sapi.
  1. Paling kecil adalah untuk sapi (Godel) yang baru pertama kali di cucuk hidungnya, umur sapi yang sudah bisa dicucuk hidungnya sekitar umur 5-6 Bulan. Dan biasanya dicari hari baik biasanya saat paniron atau tumpek kandang. Harganya Rp 8.000,-
  2. Yang kedua adalah ukurannya lebih besar sedikit dari yang pertama, biasanya ini penggantian yang kedua setelah memakai yang nomor satu, telusuk pertama biasanya diganti saat sudah dipakai sekitar 12 Bulan. Harganya Rp 9.000,-
  3. Selanjutnya ada yang nomor tiga, sudah lebih besar dari nomor dua, biasanya sapi sudah agak besar, jadi kepalanya sudah besar dan juga lubang hidungnya sudah besar, jadi perlu memakai telusuk yang lebih besar dan lebih panjang. Harganya Rp 10.000,-
  4. Nah yang keempat ini adalah paling besar, biasanya dipakai untuk sapi yang sudah benar-benar dewasa, biasanya dipakai untuk sapi jantan (jagiran) atau betina yang produktif dan agak tua. Harganya Rp 11.000,-
Nah itulah beberapa jenis dan ukuran telusuk yang ada di Bali, jika telusuk sudah agak lama maksimal setahun atau lebih sedikit, maka sebaiknya ganti saja supaya tidak sampai putus. Dimana beli telusuk sapi? Silakan bisa beli di Toko Sutar, silakan klik link WhatsApp di bawah ini untuk sekedar mendapat informasi stok dan juga harga, semoag informasi tentang telusuk ini bisa bermanfaat, terimakasih.